jangan takut untuk mencoba, jika berhasil kamu akan bahagia jika gagal kamu bijaksana...Keyakinan merupakan suatu pengetahuan di dalam hati, jauh tak terjangkau oleh bukti

Rabu, 16 Maret 2011

Foxit ( PDF ) Reader dirilis, perhatikan instalasinya

Salah satu alternatif pembaca file PDF yang cukup populer, Foxit Reader, baru saja merilis versi terbaru, Foxit Reader 4. Pembaca PDF yang relatif kecil dan cepat ini merupakan alternatif dari Adobe Reader, kembali datang dengan tambahan fitur dan perbaikan. Tetapi sebelum menginstall, perhatikan baik-baik langkahnya.
Seperti halnya banyak terjadi pada installasi software, terkadang selain software itu sendiri, disertakan installasi program atau aplikasi tambahan lain yang kadang tidak dimanfaatkan atau tidak diperlukan. Demikian juga Installasi Foxit Reader, disertakan juga aplikasi seperti Aks Toolbar ( disebut Foxit Search bar atau Foxit Toolbar) dan juga shortcut eBay.

Ask Toolbar adalah aplikasi tambahan (add-on) web browser. Jika di install maka di web browser, semisal Mozilla Firefox atau Internet explorer akan ada toolbar baru. Meskipun kadang bermanfaat, tetapi selain memenuhi tampilan, masalah privasi juga perlu kita diperhatikan. Oleh karena itu sebaiknya toolbar semacam ini tidak usah di install.
Perhatikan tampilan ketika menginstall Foxit Reader berikut :

Terlihat ada 2 tanda cek yang disediakan yaitu permintaan untuk menginstall Ask Toolbar dan menjadikan Ask.com sebagai website yang aktif ketika menjalankan web browser. Mungkin sebagian kita mudah saja menghilangkan tanda cek kemudian klik I Accept dengan anggapan ask toolbar tidak akan di install. Tetapi yang terjadi tidak demikian, keterangan dibawahnya menyatakan bahwa dengan klik I Accept, maka ask toolbar akan tetap di install.
Langkah yang benar agar ask toolbar tidak di install adalah dengan klik tombol Decline. Setelah di klik, proses intallasi akan tetap berlanjut dan ask toolbar tidak akan di install di komputer.

Bagaimana menghapus Ask toolbar ?

Bagi yang sudah terlanjur menginstall Ask toolbar dan ingin menghapusnya, bisa dilakukan melalui Control Panel > Add Remove Programs. Silahkan di cari Foxit Toolbar dan klik Remove untuk menghapus ask toolbar ini.

Fitur Baru di Foxit Reader 4

Beberapa fitur dan perbaikan baru di versi 4 ini antara lain:
  • Review dan commenting tools, menambahkan komentar dan catatan, menandai tulisan penting dan lainnya
  • Editing tools yang baru, seperti Typewriter, callout, textbox dan measure tools.
  • Spell check untuk komentar
  • Mendukung multimedia
  • Multi level security
  • Text Viewer & Converter, untuk melihat seluruh konten text PDF dan konversi dokumen menjadi text yang sederhana.
  • Add/Edit/Modify Bookmark dengan mudah
  • Safe Reading Mode, membaca pdf dengan lebih aman, karena membatasi akses PDF seperti koneksi internet, javascript, menjalankan file dan lainnya.
Selain itu kabar yang bagusnya, meskipun dengan berbagai fitur baru, tidak memperlambat kinerjanya. Proes loading dan pembacaan pdf masih cepat seperti sebelumnya. Kemudian jika kita tidak ingin repot-repot dengan langkah installasi di atas, download file installasi yang bertipe MSI ini, FoxitReader40_enu.msi, karena installer msi ini tidak menyertakan ask toolbar dan ebay shortcut.
Download Foxit Reader ( sekitar 6.7 MB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar