jangan takut untuk mencoba, jika berhasil kamu akan bahagia jika gagal kamu bijaksana...Keyakinan merupakan suatu pengetahuan di dalam hati, jauh tak terjangkau oleh bukti

Kamis, 17 Maret 2011

Mengenal Chipset dan Lokasi Download Driver-nya

Setelah sebelumnya pernah menulis daftar link download driver berbagai Motherboard dan Laptop, kali ini akan dilanjutkan dengan salah satu komponen komputer (motherboard) yang lebih spesifik, yaitu Chipset. Selain membahas link download berbagai driver Chipset, juga akan sedikit membahas seputar Chipset.
Apa itu Chipset dan apa pentingnya menginstall driver Chipset Komputer?

Chipset
Chipset merupakan Chip (kumpulan IC) yang biasanya ada di Motherboard. Chipset ini mengkoordinasikan hubungan atau kerja antar berbagai komponen di motherboard. Biasanya terdapat 2 chipset di Motherboard, yaitu notrhbridge dan southbridge.
Chipset Northbridge menghubungkan komponen seperti CPU/Processor, RAM (Memori) dan VGA (Kartu grafik), sedangkan southbridge menghubungkan beberapa komponen seperti PCI, Ethernet, USB, Audio dan lainnya yang biasanya lebih lambat.
Chipset-northbridge-southbr
Meskipun menjadi satu dengan motherboard, perusahaan pembuat chipset biasanya tidak sama dengan mothrboard. Sehingga kita bisa download chipset langsung dari perusahaan pembuat Chipset tanpa mengenal merk/tipe MOtherboard. Beberapa merk Chipset yang populer adalah NVIDIA, AMD (ATI), VIA, SiS dan Intel.
Melihat fungsinya, jika driver Chipset ini tidak di install, biasanya kinerja komputer menjadi tidak maksimal, misalnya lambat, USB yang seharusnya mendukung kecepatan lebih tinggi (USB 2.0) tetapi hanya mendukung USB 1.0, audio bermasalah dan lainnya. Jika menggunakan Kartu grafik OnBoard, maka tanpa driver chipset, kerja grafis akan menjadi sangat lambat.
Schema_chipset
Oleh karena itu, setelah menginstall Sistem operasi, maka sebaiknya yang di install pertama kali adalah Driver Chipset ini. Dan biasanya bisa kita temukan pada CD Driver yang disertakan ketika membeli Motherboard/komputer.
Cara Mendeteksi Tipe Chipset
Jika kita belum tahu apa driver komputer/laptop yang digunakan, ada beberapa cara untuk mengetahuinya :
  1. Melalui buku manual yang disertakan ketika membeli komputer
  2. Melihat langsung tulisan/tipe di motherboard/hardware, kemudian mencari informasi di Internet.
  3. Menggunakan software dan salah satu yang terbaik adalah Everest.
Download Link Berbagai Chipset Komputer
Selain bisa didapatkan dari lokasi download pembuat motherboard, driver Chipset juga bisa didapatkan/download dari pembuat chipset itu sendiri. Berikut selengkapnya :

INTEL

Selain produk utamanya CPU (Processor) Intel juga populer dengan Chipsetnya. Selain dengan 3 cara diatas, untuk mengetahui tipe Chipset Intel bisa menggunakan Intel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar