jangan takut untuk mencoba, jika berhasil kamu akan bahagia jika gagal kamu bijaksana...Keyakinan merupakan suatu pengetahuan di dalam hati, jauh tak terjangkau oleh bukti

Minggu, 26 Juni 2011

Cara kloning hardisk via flash disk


Hal yang paling menyebalkan jika Windows kita rusak baik itu karena virus atau hardisk yang tiba - tiba bermasalah adalah proses install ulangnya yang memakan waktu lama. Karena kita diharuskan untuk menginstall semua dari nol. Sebut saja Windows itu sendiri, driver, program - program yang sering kita pakai, belum lagi settingan dan tweak yang telah kita lakukan untuk meningkatkan performa komputer kita.


Untuk mengatasi itu semua ada salah satu alternatif yang dapat kita lakukan agar proses instal ulang menjadi lebih cepat yaitu dengan membuat file image atau mem-backup partisi Windows kita pada saat pertama kali selesai meng-install Windows dan tetek bengek yang lainnya (saran saya sebaiknya anda membuat satu partisi khusus untuk Windows). Dan jika komputer anda bermasalah, anda tinggal menggunakan file image tersebut untuk mengembalikan Windows seperti semula.

Dalam tutorial kali ini kita akan menggunakan program Ghost dari Norton melalui bootable flashdisk. Oleh karena itu sebelum kita mulai, siapkan sebuah flashdisk berukuran 1Gb - 8Gb untuk media boot dan program Ghost itu sendiri. Silahkan download file Norton Ghost terlebih dahulu.

Cara Cloning / Backup

Langkah 1:

- Ekstrak file nortonghost.rar. Di dalamnya terdapat file "usb_format.exe" dan folder "Norton Ghost".
- Dobel klik "usb_format.exe". Program ini untuk mem-format flashdisk dan membuatnya menjadi bootable.


- Pilih drive flashdisk anda, gunakan file system FAT32, dan pilih "Create a DOS Bootable Disk". Klik "Browse" dan cari folder "Norton Ghost" yang anda ekstrak tadi lalu klik "Start".
- Setelah selesai, copy isi dari folder "Norton Ghost" ke dalam root flashdisk anda. Jika ada pertanyaan untuk menimpa file yang lama, pilih saja "Yes".

Langkah 2:

- Selanjutnya kita akan mem-booting komputer yang akan di Ghost.
- Jika anda mengerti cara setting BIOS untuk boot ke flashdisk, silahkan di set terlebih dahulu.
- Bagi anda yang tidak tahu caranya, silahkan colok flashdisk anda ke komputer. Nyalakan komputer sambil terus - menerus menekan tombol F8 sampai muncul pilihan untuk booting. Pilih flashdisk anda. Jika tidak berhasil, maka anda memang harus men-setting BIOS.


Langkah 3:

- Setelah berhasil boot, pilih option No. 1 untuk melakukan cloning.
- Pilih "Local", "Partition", lalu "To Image" untuk membuat file backup atau image dari partisi Windows anda.
- Pilih drive kemudian partisi yang berisi Windows.
- Tentukan di mana file backup akan disimpan dan beri nama.
- Pada pilihan "Compress Image", pilih "High".
- Simpan file backup tadi di tempat yang aman.


Cara Restore



- Boot komputer dengan flashdisk Ghost.
- Pilih "Local", "Partition", lalu "From Image" untuk me-restore partisi Windows anda.
- Pilih partisi Windows anda, lalu ikuti petunjuk selanjutnya sampai selesai.

Nb: Selain untuk proses "Ghost" (saya lebih senang menyebutnya begitu), flashdisk yang anda buat tadi masih bisa dipakai untuk menyimpan file lain. sehingga anda tidak perlu membuat lagi flashdisk Ghost jika komputer anda bermasalah.

6 komentar:

  1. file image apa bisa disimpan diflashdisk dan berapa kapasitas flashdisk yang diperlukan .tks

    BalasHapus
  2. kapasitas fd y brapa ya

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus