jangan takut untuk mencoba, jika berhasil kamu akan bahagia jika gagal kamu bijaksana...Keyakinan merupakan suatu pengetahuan di dalam hati, jauh tak terjangkau oleh bukti

Sabtu, 04 Juni 2011

Mempercepat Browsing Internet


Semua pasti ingin browsing internet pada laptop atau PC bisa berjalan cepat, kita bisa membuka halaman-halaman web atau blog tanpa harus menunggu terlalu lama. Kalau koneksi yang kita pergunakan sudah menyediakan bandwidth yang besar, mungkin kelambatan dalam membuka halaman web tidak begitu terasa (kecuali web yang kita buka dipenuhi dengan gambar resolusi tinggi dan flash). Tapi gimana kalo kita biasa menggunakan koneksi yang relatif lambat seperti koneksi dengan Dial Up, pasti kita akan malas untuk membuka halaman web yang berat, kecuali memang terpaksa….
Nah, untuk yang biasa bersabar menunggu halaman web atau blog kebuka karena koneksi yang relatif lambat, ini ada sebuah trik sederhana yang bisa mempercepat akses koneksi internet kita. Sebenernya trik ini berlaku untuk semua jenis koneksi, cuman kalo yang udah memakai broadband pasti tidak begitu terasa. Sebagai catatan trik ini berjalan untuk sistim operasi Windows XP yaaa…. Dan tentu saja koneksi internet harus stabil, kalo sering putus sendiri ya sama aja.
Kalo ada yang sudah tau trik ini, ya sekedar pengingat saja, bagi yang belum pernah mencoba mari kita mulai.
Dalam trik ini kita akan sedikit mengutak atik registry, jadi untuk jaga-jaga backup dulu sistim registri windowsnya. Langkah pertama buka Registry Editor dengan menjalankan perintah Run.
Buka file Registry Editor dengan mengetikan regedit dan klik Ok.
Nah setelah masuk panel Registry Editor, lakukan backup terlebih dahulu dengan memilih submenu Export pada menu File.
Berinama file backup tadi, dan simpan. Untuk melakukan restore file, kita tinggal memilih submenu Import pada menu File, dan panggil file hasil backup, maka setingan registry akan kembali seperti semula.
Setelah file kita backup, sekarang kita masuk pada :
HKEY_LOCAL_MACHINE/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Explorer/RemoteComputer/NameSpace
Langkah berikutnya pilih key {D6277990-4C6A-11CF-8D87-00AA0060F5BF} dan delete key tersebut, di sini otomatis kita akan menghapus subkey-nya juga.
Selesai.
Sederhana kan….
Nah, sekarang kita bisa coba untuk membuka halaman web yang sama, tapi sebelumnya dicoba dulu membuka satu halaman web tertentu sebelum key tersebut dihapus, dan dicoba lagi untuk membuka halaman web yang sama setelah key dihapus, bandingkan berapa lama waktu yang dibutuhkan.
Oke, selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.
Jangan lupa, melakukan backup registry dulu ya….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar