jangan takut untuk mencoba, jika berhasil kamu akan bahagia jika gagal kamu bijaksana...Keyakinan merupakan suatu pengetahuan di dalam hati, jauh tak terjangkau oleh bukti

Sabtu, 04 Juni 2011

Mengenal Toonel.net dalam Koneksi Internet


Buat temen-temen yang sudah biasa melanglang di dunia internet pasti mengenal Toonel.net dan apa manfaatnya. Tapi saya yakin, di antara temen-temen pasti ada juga yang belum mengenal apa itu Toonel. Nah, buat temen-temen yang belum mengenalnya, sekarang saya akan menginformasikan sedikit yang saya tau tentang Toonel.net, dan apa manfaatnya.
Apa itu Toonel.net dan apa kegunaannya?
Toonel.net pada dasarnya adalah sebuah server yang melakukan kompresi data yang ditransfer dari server ke browser klien, dimana dengan adanya kompresi data tersebut maka proses transfer data itu menjadi lebih efisien. Prinsip dasar ini mirip seperti browser Opera Mini yang biasa dipakai pada ponsel atau PDA dalam hal kompresi data yang ditransfer yang melakukan koneksi internet.
Toonel ini akan cukup membantu pada koneksi dial up (termasuk koneksi dengan GPRS atau CDMA) atau koneksi internet dengan batasan bandwidth tertentu tiap bulannya.
Toonel ini sendiri adalah sebuah aplikasi Java dan bersifat opensource, dan penggunaan softwarenya sendiri tidak dipungut biaya alias gratis.
Bagaiaman penggunaanya? Cukup mudah kok pengguannya, yang pertama silakan download aplikasi Toonel yang ada di www.toonel.net (http://www.toonel.net/downloads.html) untuk windows silakan download versi terakhir yaitu versi 0.0.50.50 (03-jan-2006), aplikasi ini sebenernya adalah sebuah panel monitor dari penggunaan Toonel.net.
Langkah berikutnya adalah melakukan setting proxy pada browser (ini mengarahkan halaman web yang kita buka untuk melewati server Toonel.net terlebih dahulu untuk dikompress, sebelum akhirnya masuk ke browser kita). Untuk browser Firefox, masuk ke menu Tools kemudian Options. Selanjutnya kita pilih menu Advanced, dilanjutkan dengan memilih tab Network.
Setelah itu kita masuk ke Settings, di sini kita pilih Manual proxy configuration, kemudian isi HTTP Proxy dengan 127.0.0.1, dan kolom Port diisi 8080.
Sampai di sini proses seting sudah selesai. Pada saat kita online internet, kita jalankan aplikasi Toonel yang telah kita download tadi, dan kita bisa melihat kompresi data yang dilakukan pada tab Stats.
Cukup mudah kan penggunaannya.
Demikian informasi singkat yang bisa saya sampaikan, silakan mencoba dan merasakan apakah ada manfaat lain dari Toonel.net ini, dan buat temen-temen lain yang tau lebih banyak informasi tentang Toonel.net ini ditunggu komentar-komentarnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar