jangan takut untuk mencoba, jika berhasil kamu akan bahagia jika gagal kamu bijaksana...Keyakinan merupakan suatu pengetahuan di dalam hati, jauh tak terjangkau oleh bukti

Sabtu, 04 Juni 2011

Meningkatkan Kecepatan Internet Dengan Modifikasi registri MTU


Tulisan kali ini masih tentang trik koneksi internet, hanya saja untuk trik kali ini tidak menggunakan software. Untuk dapat membantu meningkatkan kecepatan koneksi internet kali ini kita akan melakukan modifikasi pada registry, langkahnya hampir sama dengan modifikasi registry yang pernah saya informasikan.
Untuk trik kali ini registry yang akan dimofikasi adalah bagian MTU (Maximum Transfer Unit). Secara default Windows, nilai dari MTU adalah 1.500 bytes, sedangkan nilai riil dari paket internet adalah sebesar 1.000 bytes. Nilai yang lebih besar ini bukan berarti lebih cepat, malah sebaliknya kadang bisa membuat lebih lambat, untuk itu kita harus menyesuaikan antara nilai riil dengan default yang ada.
Langkah-langkah untuk menyesuaikan MTU adalah sebagai berikut.
Kita masuk ke Registry Editor, untuk yang belum tau caranya, silakan klik Start, kemudian pilih Run, kemudian ketik regedit. Setelah masuk ke Registry Editor, sebelum memulai, ada baiknya kita backup dulu (pilih menu File, dan pilih Export, tentukan dimana kita akan menyimpannya, dan beri nama file tersebut, file ini kita gunakan jika kita ingin me-restore, dengan memilih Import). Selanjutnya silakan masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Services\Class\NetTrans, di dalam folder NetTrans ini kita akan menemukan beberapa folder lain dengan nama 000x (x di sini mewakili digit ke empat dari nama folder tersebut).
Berikutnya kita lihat isi dari masing-masing folder tersebut, jika di dalamnya belum ada key MaxMTU (pada kolom kiri), silakan buat key baru dengan cara mengklik kanan mouse pada folder 000x, kemudian pilih New, String Value dan beri nama key tersebut dengan MaxMTU.
Jika key telah dibuat atau key tersebut sudah ada sebelumnya, selanjutnya kita edit value dari key tersebut dengan mengklik kanan pada key MaxMTU dan pilih Modify.
Ganti Value data dengan 1002, demikian juga dengan value MaxMTU pada folder 000x lainnya, kita ganti dengan 1002.
Jika sudah kita simpan dengan menekan Ok.
Sampai di sini proses modifikasi Registry MTU sudah selesai, dan kita bisa mencoba perubahannya.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar